Begini Penjelasan Kenapa Overthinking Bisa Menghambat Potensi Diri

  • Bagikan
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, malam hari yang jadi momen pas untuk beristirahat, bisa langsung ambyar kalau kamu kebanyakan pikiran alias overthinking. Niatnya pengen sweet sleep, eh malah susah tidur. Hayooo ngaku, siapa yang sering overthinking sebelum tidur?

Yapsss, overthinking adalah istilah yang sering ditujukan bagi orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Tapi jangan keliru menyamakannya dengan pemikir. Pasalnya, orang-orang yang overthinking sering memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Padahal, terlalu sering overthinking tidak baik loh untuk kesehatan fisik maupun mental.

Hal tersebut sering dirasakan oleh Siswi SMAN 5 Makassar, Dinah Anggun Afrini. Ia mengaku kerap mengalami overthinking sebelum tidur dan menurutnya hal itu adalah wajar entah dalam kesadaran maupun di luar kesadarannya. Karena sebagai pelajar sebelum tidur ia selalu memikirkan menumpuknya tugas dan masalah yang dialaminya.

“Lumayan sering, berhubung sekarang sudah mendekati penilaian akhir semester dan ada beberapa urusan dari organisasi yang lain juga,” ujar cewek yang hobi berenang ini.

Overthinking sudah menjadi kebiasaannya sebelum tidur hingga membuat pola tidurnya berubah. Dinah yang biasanyatidur jam 10 malam sekarang berubah menjadi jam 12 malam. Saat overthinking ia juga memikirkan solusi dari masalah yang dialaminya, dan sebelum tidur dengar lagu atau baca komik, beberapa cara ini yang cukup efektif untuk membuatnya tidur.

Sama halnya dengan yang dialami cewek yang bersekolah SMAN 02 Makassar, Andi Thita Sumange. Ia bilang sebagai manusia pasti memiliki rasa khawatir tentang diri sendiri dan orang sekitar. Tapi selalu berusaha untuk menangani overthinking-nya dengan selalu bersyukur dan berzikir sebelum tidur, ini menurutnya bisa mengalihkan perhatian.

  • Bagikan