Keren! Siswa SMAN 5 Makassar Ukir Prestasi di Bidang Informatika

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, kenalan yuk dengan Kenzie R. Tirtarahardja, Siswa SMAN 5 Makassar yang menjadi peraih medali perak diberbagai cabang lomba Informatika. Kereeeen kan.

Cowok yang akrab disapa Kenzi ini udah nggak diragukan lagi deh kemampuannya kalau ngomongin coding dan pemrograman. Awal ketertarikannya untuk mengikuti lomba informatika berawal sejak tahun 2020, ketika itu ia diajak untuk ikut olimpiade oleh gurunya. Meski pertama kali mengikuti lomba informatika pada saat itu, dirinya berhasil menjadi finalis lomba, sejak itulah ia terus fokus untuk mengikuti lomba komputer atau informatika hingga berhasil juara di tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

Kenzi mengaku sejak aktif ikut lomba Informatika, ia telah mengantongi dua medali dan juga berhasil menjadi finalis lomba sebanyak empat kali. Semua berkat kesemangatannya belajar dan latihan selama dua tahun terakhir.

“Persiapan sebelum lomba sudah tentu belajar dengan sangat keras dari jauh hari, dari mempelajari soal logika dan lainnya. Untuk penghargaan yang saya telah raih empat kali berhasil menjadi finalis dan memperoleh dua medali,”ungkap cowok yang gemar membaca ini.

Tidak hanya itu, baru-baru ini kenzi berhasil meraih medali perak Kompetisi Sains Nasional (KSN) Lomba Informatika. Di tingkat nasional Kenzi sebagai perwakilan Sulawesi Selatan harus bersaing dengan berbagai siswa se-Indonesia selama dua hari, dan diberikan tiga soal dengan waktu pengerjaan hingga lima jam.

“Soalnya sendiri di tingkat nasional itu lumayan sulit sekali, karena diberi soal sofwtware pemrograman. Selama dua hari itu kami diberi tiga soal pemrograman setiap harinya, dengan waktu pengerjaan lima jam dan nilai maksimumnya 100 tiap soal,” bebernya.

Kenzi juga menambahkan bagian tersulit dalam seleksi KSN di tingkat nasional ialah memecahkan soal algoritma. Meski demikian Kenzi berhasil mengumpulkan point yang maksimal dan memperoleh medali perak.

Sementara komentar lain dari Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Rondiah. Ia bilang kalau sebagai tenaga pendidik dirinya mengaku bangga kepada muridnya yang terpilih di tingkat nasional. Sebab, untuk berhasil lolos sampai tingkat nasional itu bukanlah sesuatu yang mudah. “Pastinya kami merasa bangga atas pencapaian siswa kami ini , semua itu berkat kerja kerasnya selama ini. Untuk lolos sampai tingkat nasional juga tidak mudah dia harus mengikuti berbagai seleksi dulu, mulai dari tingkat sekolah yang saat itu kami memilih dia karena sangat menonjol hingga, seleksi tingkat kota dan lolos sampai nasional,” ungkapnya.

Ibu Rondiah sapaannya menambahkan ia menaruh harapan besar kepada Kenzi agar dirinya juga dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi adik kelasnya serta teman sekolahnya yang lain yang bisa mengikuti jejaknya.

Pos terkait