Banting Stir, Siswa SMPN 6 Makassar Harumkan Sulsel di Ajang KSN

  • Whatsapp

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaa Sobat KeKeR, siswa SMPN 6 Makassar berhasil mengharumkan Sulawesi Selatan di tingkat nasional. Namanya Fatur Putra Tjiunar, doi berhasil meraih medali perak bidang Ilmu Pengetahuan Sosial di ajang bergengsi yaitu di Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021.

Berawal dari ketertarikannya belajar matematika, ia gigih untuk mengikuti KSN 2021, tapi ia harus menelan kegagalan karena tak lolos di bidang matematika dengan nilai tes yang tidak memenuhi syarat. Fatur sapaan akrabnya memutuskan banting stir dengan mengikuti dua tes mata pelajaran lainnya yaitu IPA dan IPS dan ternyata nilai IPS lebih tinggi dan memenuhi kriteria untuk mewakili sekolah ke tingkat kota.

Bacaan Lainnya

Dari seleksi internal di sekolah tersebut, ia mulai suka pelajaran IPS karena materi yang beragam dan memiliki modal basic matematika yang cukup mumpuni. “Ternyata IPS itu punya beragam materi, jadi mulai suka karena terbagi dari Geografi, Astronomi, dan Logika,” ujar cowok yang hobi memancing itu.

Untuk persiapan lombanya Fatur memiliki waktu belajar selama dua minggu tiap ia lolos seleksi. Selama proses seleksi ia mengalami kendala jaringan. Selain jaringan Fatur juga mengalami kesulitan di materi ekonomi, karena banyak rumus yang ia tidak tahu. “Belajarnya dua kali di sekolah bersama guru pembimbing, dan belajar di rumah. Kalau di sekolah satu setengah jam kalau di rumah kurang lebih tiga jam belajarnya,” cuapnya.

Prestasi yang Fatur raih tidak lepas dari support pembimbingnya, orang tua, kepala sekolah, guru-guru, dan juga teman-temannya yang selalu memberi dukungan selama lomba. Pembimbing KSN Bidang IPS SMPN 6 Makassar, Nurdiana Amahoru, S.Pd., melihat Fatur adalah tipe anak yang tekun, dari beberapa temannya yang lain Fatur yang paling semangat dan antusias.

Pos terkait