Pelajar SMK-SMAK Makassar Membuat Selai Cokelat dari Kulit Pisang

  • Whatsapp
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai guys, ide dan inovasi datang dari kawan kita pelajar SMK-SMAK Makassar (SMAKMA). Limbah pisang yang bagi sebagian orang hanyalah sampah, mereka sulap jadi selai cokelat. Daebak!

Ade Cristy Paundanan, Hilmy, Kamiliah Az-zaahra, Nur Alya Jenar, Nurfadiah, dan Wa Ode Amaliah menamainya Banana Jump. Selainya mereka buat dari pisang raja karena rasanya yang terkenal manis. “Di Makassar sendiri pisang raja banyak dikonsumsi oleh masyarakat bahkan jadi makanan kuliner dan dikenal dengan rasa paling manis. Agar hasilnya manis jadi yang digunakan itu kulit pisang Raja yang matangnya pas,” ujar Hilmy mewakili teman-temannya.

Bacaan Lainnya

Menurut ewek yang akrab disapa Ime ini, limbah kulit pisang, selain mudah ditemukan juga memiliki kandungan yang setara dengan buahnya. Ada vitamin b, vitamin c, protein hingga kalsium. Namun proses pembuatannya terbilang sulit.

Ime dan kelima temannya kerap kali mengalami kesulitan ditahap penghitungan perbandingan rasa, antara rasa cokelat dan pisang dan juga juga tekstur yang sering kali kasar. Untuk durasinya, mereka memakan waktu 30 hingga 40 menit. “Kesulitannya saat kita cari perbandingan yang bagus supaya bisa selai cokelatnya ada rasa khas pisangnya tapi nda terlalu manis karena gula. Dan juga tekstur selainya, awalnya ketika direbus semua kulit pisang di blender semua, ternyata berpengaruh di teksturnya yaitu kasar. Jadi kami ubah lagi dengan mengambil bagian dalam kulit saja,” sambung Ade.

Pos terkait