Bahaya! Ini Penjelasan Kamu Harus Setop Konsumsi Obat Tanpa Resep

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

Sekali dua kali sih nggak masalah yah guys. Yang jadi masalah adalah ketika kalian mengonsumsi obat secara terus-menerus tanpa resep dokter bahkan sampai berhari-hari karena rasa sakitnya nggak kunjung menghilang.

Dokter Umum RSKD Dadi Pemprov Sulsel, dr Marisa Tri Rahayu menjelaskan, bahwa obat terbuat dari bahan kimia yang pada dasarnya pasti memiliki efek samping pada tubuh setelah dikonsumsi apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Bisa menumbulkan mual, muntah, gatal-gatal, bengkak, jantung berdebar, pusing, pingsan, telinga berdenging, nyeri perut, hingga BAB encer.

Bahkan, bukan hanya efek samping ringan tersebut. Efek samping jangka panjang juga bisa timbul seperti kerusakan organ utama liver dan ginjal. Jadi, kata Marisa, sebaiknya segala jenis penyakit itu dikonsultasikan ke dokter. “Ketika harus konsumsi obat antinyeri, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter agar dapat diperiksa sehingga mendapatkan obat yang tepat dan tidak melebih dosis,” ungkap dokter yang hobi traveling itu.

Namun alangkah baiknya jika sedang mengalami penyakit ringan seperti nyeri kepala, jangan langsung minum obat. Cobalah untuk istirahat atau minum vitamin terlabih dahulu. “Jika tidak berhasil, barulah kalian minum obat,” sambung dr Marisa.(*)

  • Bagikan