Bahaya! Ini Penjelasan Kamu Harus Setop Konsumsi Obat Tanpa Resep

  • Whatsapp
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hayooooo, siapa nih yang masih sering konsumsi obat secara berlebihan, bahkan tanpa resep dokter? Hati-hati, bukannya sembuh, malah nambah penyakit baru loh. Sereeemm!

Mengonsumsi obat memang menjadi langkah dalam menangani masalah kesehatan guys. Tetapi, obat juga bisa jadi boomerang loh buat kalian yang mengonsumsinya secara asal-asalan. Obat yang dikonsumsi secara berlebihan bukan cara yang baik untuk sembuh dari penyakit. Banyak dampak negatif yang bisa kalian rasakan dari kebiasaan buruk ini.

Bacaan Lainnya

Seperti Siswa SMAN 10 Gowa, Fadil Achmad mengaku sudah terbiasa mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Fadil bilang, kalau sudah muncul gangguan kesehatan seperti sakit kepala, flu, batuk, dan lainnya, ia lebih memilih untuk membeli obat di warung-warung. “Kalau hari ini saya sakit kepala, yah hari ini juga saya minum obat. Besok tidak, kalau lusa kambuh, lusa saya minum lagi,” pungkasnya.

Namun, cowok yang kerap disapa Fadil itu membenarkan, bahwa mengonsumsi obat tanpa resep dokter dan dengan resep dokter itu memang memberikan hasil yang berbeda. Doi merasa, kesehatannya menjadi tidak stabil ketika meminum obat secara asal-asalan. “Mungkin karena bukan resep dokter, jadi sakit kepala saya biasa hilang biasa kambuh,” cuap cowok yang hobi bermain futsal itu.

Komentar lain juga datang dari Siswi SMPN 6 Makassar, Ismy Rachel Atiqoh juga memilih mengonsumsi obat tanpa resep dokter jika hanya mengalami gangguan kesehatan seperti flu. Bagi doski, penyakit ringan seperti itu mudah diatasi meski menggunakan obat-obatan yang ia beli sendiri. “Kadang empat kali konsumsi obat sudah berhenti. Kadang juga sampai beli obatnya dua kali,” beber cewek kelas sembilan itu.

Pos terkait