Pelajar SMK SMAK Makassar Ciptakan Pasta Gigi dari Limbah

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu guys, asal mau kreatif kalian bisa mengubah limbah menjadi hal yang berguna. Seperti yang dilakukan para Siswa SMK SMAK Makassar yang menyulap limbah kulit pisang menjadi pasta gigi.

Arfansyah, Febryany Amara Putri S, Jelindra Sappu, Nurul Hidayanti, Zahra Maharani SN, menjadikan kulit pisang menjadi bahan dasar pasta gigi yang diberi nama ‘Untident’. Pemilihan limbah kulit pisang sebagai bahan dasar utama, menurut Arfansyah dikarenakan mudah didapatkan dan memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memutihkan gigi.

“Untuk bahan dasarnya kami sengaja memilih kulit pisang sebab mudah didapatkan. Tentunya juga yang terkandung di dalam kulit pisang sangat bagus untuk memutihkan kulit,” cuap cowok yang akrab disapa Arfan ini.

Proses pengerjaan pasta gigi untident ini pun tidak begitu sulit, hanya memakan waktu tiga hari. Caranya, kulit pisang yang dikumpulkan, dipotong kecil-kecil, lalu dihaluskan. Kemudian menuju proses ekstraksi menggunakan alat refluks dan setelah itu dipanaskan selama enam jam untuk mendapat ekstrak etanol dari kulit pisang. Selanjutnya, proses pencampuran bahan-bahan lain seperti gliserin, aspartam, dan peppermint lalu pasta gigi ekstrak kulit pisang siap digunakan.

Dari segi kualitas Arfan juga berpendapat pasta gigi buatannya ini tidak jauh berbeda dengan pasta gigi yang tersedia di minimarket. Sebab, bahan dasar yang mereka gunakan adalah bahan alami yang bermanfaat memutihkan gigi dan juga telah melalui tahap uji coba sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

  • Bagikan