Keren Banget! Robot Underwater MAN 2 Makassar Jadi Juara

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo guys, Siswa MAN 2 Makassar kembali sukses dalam merancang robotik. Kali ini, untuk pertama kalinya mereka membuat Robot Underwater alias robot yang bekerja di bawah air.

Robot Underwater yang dirancang oleh Afifah Nur Ramadhani Zakiyah, Hauraisya Nayla Ramadhani, Fayyadh Ats Tsaqib Marwan, dan A. Muh Ilham Ilyas ini dibuat untuk mengikuti lomba Rotary International Robotic’S Game. Meski menjadi pengalaman pertama membuat robot dengan program di bawah air, tetapi Afifah dan kawan-kawannya berhasil merebut juara tiga dalam kompetisi yang diadakan Rotary Clubof Surabaya Persada itu.

Ketua tim, Afifah Nur Ramadhani Zakiyah menjelaskan, bahwa Robot Underwater ini dirancang kurang lebih dua bulan, dengan komponen yang digunakan seperti motor DC, arduino nano, driver, dan badan robot yang terbuat dari plastik khusus yang dibentuk menggunakan 3D printer. “Motor DC dan driver berfungsi membantu menggerakkan robot, sementara arduino nano sebagai otak yang mengatur semua pergergerakan robot,” jelas siswa kelas 11 itu.

Sementara, untuk fungsi dari Robot Underwater itu sendiri adalah untuk mengisap kelereng yang berada di dalam air atau akuarium untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. “Robot ini dibuat memang khusus untuk lomba, jadi programnya dibuat hanya untuk mengisap kelereng,” sambung Afifah.

  • Bagikan