Bye Bye Bibir Kering, Yuk Intip Lip Scrub Ciptaan Pelajar SMK Farmasi Yamasi Makassar

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, siapa nih yang sering mengalami bibir kasar dan pecah-pecah. Eitss tenang, siswi SMK Farmasi Yamasi Makassar punya solusinya, lip scrub berbahan dasar kopi.

Diberi nama Smoothies Coffee, inovasi ini karya Arni Eka Putri Pahirani dan Kiki Andriani Putri. Pembuatannya bermula saat keduanya mendapatkan tugas laboratorium membuat sebuah karya. Kiki dan Arni memilih kopi sebagai bahan dasar dari inovasinya, karena mudah dijangkau. Bukan hanya itu, kopi juga memiliki manfaat tak kalah penting, yaitu sebagai antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Salah satu pembuat lip scrub atau lip eksfoliation berbahan dasar kopi ini, Arni Eka Putri Pahirani bilang, selain kopi, bahan yang digunakannya adalah bahan alami, seperti vitamin E yang berfungsi untuk mencegah iritasi pada bibir pecah dan juga melembabkan kulit bibir, ada brown sugar yang mampu mengangkat kulit mati, shea butter untuk mengatasi bibir kering, dan VCO untuk melembabkan bibir.

Menurutnya, scrub bukan hanya untuk badan tapi lip scrub juga tak kalah penting untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru pada bibir agar terlihat cerah, lembut, dan merah.

Dalam proses pembuatannya, Kiki dan temannya sering mengalami kesulitan saat proses pencampuran VCO dan bahan lainnya. Menurutnya, jika takaran VCO tidak akurat hasilnya akan gagal. Bukan hanya itu, saat bahan yang lainnya masih panas, vitamin E tidak boleh dimasukkan, karena bisa menyebabkan khasiatnya hilang.

  • Bagikan