Ada Baiknya untuk Tubuh, Setop Mengeluh Karena Berkeringat

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaaa guys, kalian tahu nggak sih kalau tubuh kita itu mengandung dua hingga empat juta kelenjar keringat yang ternyata baik untuk tubuh. So, jangan ngeluh kalau mudah keringatan yah!

Keringat alias peluh yang bekerja untuk menstabilkan suhu inti tubuh manusia ini memiliki dua jenis kelenjar, ekrin dan apokrin. Kedua jenis kelenjar ini lah yang ternyata membuat sumber peluh seseorang itu berbeda-beda guys. Ada yang mudah keringatan di kepala, di wajah, di badan, bahkan di kaki.

Seperti yang dirasakan Siswi SMPN 6 Makassar Aurelya Renata Putri mengaku sering keringatan di bagian leher dan badannya. Doski bilang, meskipun tanpa melakukan aktivitas yang berlebihan, tubuhnya tetap mengeluarkan peluh. “Kalau cuaca lagi panas itu, saya mudah sekali keringatan tapi cuma di bagian leher dan badan saja,” beber siswi kelas sembilan itu.

Berbeda dengan Siswa SMK Telkom Makassar, Achmad Mudzaky yang merasa sumber peluhnya berbeda dengan orang lain. Pasalnya, cowok yang kerap disapa Zaky itu sangat mudah mengeluarkan peluh bahkan di seluruh tubuhnya. “Mulai dari kepala, wajah, badan sampai kaki pun itu selalu keringatan,” pungkasnya.

Tetapi, ketua OSIS SMK Telkom Makassar itu tidak merasa terganggu dengan peluh yang hampir memenuhi seluruh tubuhnya. Bagi Zaky, mengeluarkan peluh sama halnya dengan mengeluarkan racun dalam tubuh. Bahkan, ketika berkeringat, doi merasa lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti saat berolahraga.

Yups, peluh bukan hanya mengeluarkan cairan dalam tubuh saja yah guys. Tetapi, juga membawa berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam seperti kadmium, aluminium, dan mangan yang berpotensi beracun jika terlalu banyak disimpan dalam tubuh.

  • Bagikan