Hindari Makanan Pedas, Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Lambung Kamu Selama Puasa

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuu Sobat KeKeR, lambung dan sistem pencernaan akan melakukan penyesuaian dengan pola makan baru selama puasa. Namun, jika kesehatan lambung tidak dijaga, masalah pencernaan dapat berlanjut dan mengganggu kebugaran tubuh saat puasa.

Dilansir dari laman halodoc, berikut 6 cara untuk menjaga kesehatan lambung selama puasa. Cekidot!

1.Hindari Makanan Pedas Saat Sahur

Bagi pecinta pedas, bersantap tanpa sambal atau sumber rasa pedas lainnya bisa terasa kurang lengkap, bahkan menyiksa. Namun, sebaiknya kebiasaan makan pedas dihindari saat sahur, ya. Sebab, kandungan cabai dan merica pada makanan-makanan pedas dapat menghasilkan gas berlebih dalam lambung. Hal ini kemudian dapat memicu naiknya asam lambung.

2.Konsumsi Serat

Tak hanya membantu kamu untuk kenyang lebih lama, makanan berserat juga membantu lambung dan organ pencernaan lainnya untuk mempertahankan kinerja walaupun asupan makanan berkurang saat berpuasa. Jenis makanan berserat yang bisa kamu makan antara lain buah-buahan, sayuran, gandum, ataupun biji-bijian.

3.Kurangi Makanan Berlemak

Ketika berpuasa, lambung membutuhkan banyak asupan, terutama makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama. Di sinilah, makanan berlemak mengambil peran dalam membantu berpuasa. Sayangnya, makanan berlemak justru membuat lambung dan perut kamu lebih rentan sembelit. Untuk itu, mengurangi makanan berlemak akan menjaga kesehatan lambung lebih optimal.

4.Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

  • Bagikan