Siswa SMK SMAK Makassar Membuat Pomade Alami dari Buah Kelapa

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaa Sobat KeKeR, kalau biasanya buah kelapa enaknya dikonsumsi, kini di tangan Arif Budiman Suherman bisa jadi minyak rambut alias pomade. Cocok buat ayank yang suka styling rambut gitu!

Siswa SMK SMAK Makassar (SMAKMA) ini bercerita tentang awal mula ide pembuatan Virgo Pomade-sebutan untuk pomade buatannya. Ini berawal dari keresahannya terhadap kurangnya inovasi pada buah kelapa yaitu hanya langsung dikonsumsi, dengan itu doi mulai tertarik mencari ide inovasi.

Lalu lahirlah keinginan membuat pomade jenis Oil-Based berbahan dasar virgin coconut oil (VCO). Sesuai nama bahannya, ini diambil dari ekstrak kelapa diolah menjadi santan, kemudian didiamkan selama satu hari. Selanjutnya santan tersebut dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya yaitu pengharum dan beeswax. Kemudian setelah difermentasi selama satu hari Virgo Pomade siap digunakan. “Pembuatannya simpel, satu kelapa bisa menghasilkan banyak produk dan juga bisa dibuat di rumah,” ujar cowok yang akrab disapa Arif ini.

  • Bagikan