Hobi Membaca, Begini Komentar Sobat KeKeR Tentang Buku Fisik dan E-book

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuu SoKeR, siapa nih yang hobinya membaca? Yups membaca dapat membuka wawasan kamu tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Di era digital sekarang ada banyak pilihan bacaan buat SoKeR, mulai dari buku konvensional atau fisik hingga buku elektronik alias e-book seperti wattpad hingga webtoon.

Menurut Zakira Gaesani Siswi SMAN 21 Makassar, ia suka membaca sejak SMP dengan membaca wattpad dan google play books karena saat itu mudah ia akses dan saat itu buku digital belum berbayar jadi nggak boros untuknya yang masih berstatur pelajar.

Zani sapaan akrabnya, mulai mengenal bacaan buku konvensional seperti novel saat mendapat fasilitas sekolah. Mulai saat ia lebih suka membaca buku yang berbentuk fisik ketimbang buku digital.

“Vibes-nya beda banget dari bacaan online yang biasanya aku baca. Terlebih, waktu membaca kita nggak akan terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain or iklan gitu. Makanya aku lebih suka yang bentuk fisik. Supaya waktu baca nya emang lebih optimal ke bacaan aja,” ujarnya.

Sama halnya dengan Siswi SMPN 1 Makassar, Sharon Luna Nathasya Manalu bilang, lebih menyukai bacaan buku fisik dibanding e-book agar ia bisa fokus dan menandai kalimat yang menurutnya bagus.

  • Bagikan