Jaga Lingkungan, SMK SMAK Makassar Memanfaatkan Limbah Batu Bara Jadi Penghasil Air Bersih

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, inovasi dari SMK SMAK Makassar nggak ada habisnya nih. Di tangan kawan kita Muhammad Taufik, limbah batu bara berhasil disulap jadi penghasil air bersih. Daebak!!

Taufik sapaan akrabnya, bercerita tentang awal mula idenya muncul saat ia melihat kualitas air di lingkungan sekitarnya yang sudah banyak tercemar. Doi pun mulai tergerak dan memilih project ini untuk melestarikan kualitas air di lingkungan sekitarnya.

Selama proses pengerjaan, yang sering ia temukan dalam air yaitu terkontaminasi logam-logam berat, menurut doi jika air tersebut dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dampaknya bisa merusak saraf-saraf tubuh. “Kan berbahaya juga jika air yang digunakan itu tercemar dan tidak baik bagi kesehatan.” ungkap cowok yang hobi badminton ini.

Ia memilih limbah batu bara alias fly ash sebagai bahan utama dari sisa hasil pembakaran batubara pada pembangkit listrik, dimana tidak berbahaya bagi kesehatan jika dikelola dengan baik.

Doi menggunakan larutan H2SO4 dan KoH dimana berfungsi untuk mengaktivasi logam berat yang terkontaminasi dengan air selama 120 menit dan selebihnya fly ash berfungsi untuk menyerap logam tersebut. Juga menggunakan saringan kertas dan aquades.

  • Bagikan