Siswa SMK SMAK Makassar (SMAKMA) Olah Daun Nangka Jadi Handsoap

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu SoKeR, ide kreatif dari teman kita SMK SMAK Makassar (SMAKMA) emang kaga ada habisnya nih gaes. Di tangan Andi Muhammad Rifqy Thoriq Fahrezi berhasil menyulap daun Nangka jadi handsoap.

Ikky sapaan akrabnya, membeberkan ide kreatifnya. Dia bercerita tentang Jackfruit Liquid Handsoap nama produknya. Awal mula idenya muncul saat mendapat tugas project pemanfaatan limbah, dan ia memilih daun Nangka sebagai bahan utamanya, karena kurangnya pemanfaatan daun nangka.

Terlepas dari itu ternyata daun Nangka mengandung banyak zat-zat adiktif seperti senyawa flavonoid, saponin, dan juga tani yang berfungsi sebagai anti bakteri dan dapat merangsang sel baru pada kulit. Bukan hanya itu, juga memiliki kandungan lain ada karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan fosfor.

“Pemilihan daunnya bebas selama terlihat segar daunnya, setelah itu dipetik kemudian dikeringkan selama lima hari dalam oven, setelah itu dihaluskan dengan blender dan digerus sampai halus,” ungkap doi.

  • Bagikan