Yuk Jadi Pendengar Baik untuk Sahabat, Begini Caranya!

  • Bagikan
www.verywellmind.com

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk mengatakan atau membicarakan apa yang ingin diceritakan, karenanya jika tidak jelas, kalian sebaiknya menanyakan kembali apa yang dikatakan oleh orang yang sedang bercerita, daripada membuat asumsi sendiri.

4.Berpikir Dulu Sebelum Memberikan Tanggapan

Sebelum memberikan tanggapan terhadap cerita yang dikatakan oleh pembicara, kalian harus memikirkan bagaimana tanggapan yang sebaiknya diberikan kepada pembicara.Jangan langsung memotong perkataan pembicara yah gais.

5.Merespon Di Saat yang Tepat

Menjadi pembicara yang baik berarti mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan tanggapan dan saat yang tepat untuk tetap diam sembari menunggu orang yang bercerita untuk kembali menceritakan keluh-kesahnya. Terkadang, memberikan jeda diam justru dapat memancing orang yang bercerita untuk menceritakan sesuatu secara lebih mendalam.

6.Berikan Pertanyaan Terbuka

Memberikan pertanyaan yang bersifat terbuka akan membuat orang yang sedang bercerita memberikan lebih banyak informasi dibandingkan memberikan pertanyaan tertutup, seperti “Apakah kamu merasa sedih?”Pertanyaan bentuk terbuka bisa berupa “Apa yang membuat kamu merasa sangat sedih?”. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version