Ini Loh Waktu yang Tepat Mencuci Handuk Serta Bagaimana Cara Merawatnya

  • Bagikan
bath towel on table

Ingat handuk adalah barang pribadi yang tak seharusnya digunakan oleh beberapa orang. Handuk ini sifatnya sama seperti sikat gigi yang seharusnya digunakan oleh satu orang saja. Jadi artinya satu handuk hanya bisa digunakan untuk satu orang saja.

Mungkin kamu masih bisa sharing handuk yang sama dengan suami/istri atau dengan anggota keluarga inti lainnya, tentunya selama tidak ada yang memiliki penyakit menular. Namun, akan jauh lebih baik jika masing-masing memiliki handuk sendiri.

Cara Mencuci dan Merawat Handuk Yang Benar

1.Pisahkan handuk dari pakaian lain

Untuk mencuci handuk, kamu tidak bisa menyatukan handuk dengan pakaian lain ketika kamu menggunakan mesin cuci. Ini karena handuk memiliki serat-serat benang yang jauh lebih mudah rontok bila dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya. Bila kamu mencuci handuk dengan pakaian lain, maka serat-serat benang pada handuk bisa terlepas dan menempel di pakaian lain. Tah hanya itu, jumlah bakteri dan kuman yang ada di dalam handuk bisa saja berpindah ke pakaian lain. Jadi, alangkah baiknya mencuci pakaian dan handuk secara terpisah.

2.Mencuci handuk menggunakan air panas atau disinfektan

Cara mencuci handuk yang benar berikutnya adalah dengan menggunakan air panas atau desinfektan, ada sejumlah merek desinfektan untuk mencuci. Air dengan suhu yang tinggi dan disinfektan lebih efektif membunuh kuman yang menempel di handuk. Namun kamu harus membaca instruksi mencuci yang tertera di label handuk. Pasalnya, beberapa jenis handuk mungkin tidak disarankan untuk direndam di air panas. Atau mungkin kamu disarankan untuk mencucinya dengan tangan.

3.Jemur di bawah sinar matahari langsung

Setelah dicuci dengan benar, pastikan kamu menjemur handuk kamu di bawah sinar matahari langsung untuk membantu membunuh kuman. Menjemur handuk membutuhkan waktu lebih lama hingga kering sepenuhnya daripada pakaian biasanya. Maka itu, kamu harus membiarkan handuk lebih lama di jemuran dibanding dengan pakaian lainnya. Sebelum diangkat dan disetrika, pastikan handuk benar-benar kering.

Nah itu sedikit penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk mencuci handuk dan cara mencuci handuk yang baik dan benar. Perlu diingat bahwa kita tidak perlu menunggu 1 minggu untuk mengganti atau mencuci handuk. Jika handuk kamu sudah terasa lembab dan berbau meski belum 1 minggu, sebaiknya segera diganti. (*)

  • Bagikan