Ini Loh Waktu yang Tepat Mencuci Handuk Serta Bagaimana Cara Merawatnya

  • Bagikan
bath towel on table

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, seberapa sering sih kamu mencuci handuk? Apa kamu  golongan yang mencuci atau mengganti handuk seminggu sekali, sebulan sekali atau mungkin tidak pernah mencuci handuk kecuali sudah terasa lengket dan bau? Hmmm, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda dong. Tapi kamu harus tahu bahwa kebersihan handuk sangat penting untuk dijaga loh.

Dilansir dari laman blogunik, berikut penjelasan tentang waktu yang tepat mencuci handuk serta bagaimana cara merawatnya. Cekidot!

Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Handuk dan Alasannya

Pada prinsipnya bakteri dan jamur akan mulai menumpuk setelah handuk digunakan, mengingat handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh yang baru saja dibersihkan dari kuman dan bakteri. Sehingga semakin sering kamu mencuci dan mengganti handuk kamu akan lebih baik. Namun kebanyakan dari kita bukanlah sultan yang memiliki stok handuk lebih dari 10 lembar. Sehingga tidak memungkinkan untuk kita mencuci dan mengganti handuk setiap hari.

Namun menurut Cleveland Clinic, kamu sebaiknya mencuci handuk atau menggantinya dengan yang baru setiap 1 kali seminggu. Ini artinya, 1 lebar handuk hanya bisa kamu gunakan maksimal seminggu. Jika 1 minggu sudah berlalu, waktunya kamu mencuci handuk dan menggantinya dengan yang baru.

Nah penting juga untuk diketahui bahwa pertumbuhan bakteri pada handuk bisa melambat dan berkurang jika handuk terjaga dalam keadaan kering. Untuk itu, disarankan untuk selalu menjemur handuk setiap kali selesai dipakai.

Tak hanya itu, jika kamu sudah mulai mencium aroma tak sedap dari handuk meski belum dipakai seminggu, maka sebaiknya kamu segera mencuci handuk tersebut dan menggunakan yang baru, karena aroma tak sedap dari handuk pertanda ada banyak bakteri yang mulai berkembang di handuk kamu.

Handuk Harus Sering Di Cuci Saat Kamu Sedang Sakit

Saat kamu sakitpun, waktu mencuci handuk sebaiknya ditingkatkan. Dari yang awalnya seminggu sekali bisa diganti 2 hari sekali. Hal ini penting untuk mencegah penyakit kembali kambuh saat kamu memakai handuk yang sama.

Waktu Penggunaan Handuk Maksimal 2 Tahun

Perlu kamu ketahui bahwa handuk juga memiliki batas wajar pemakaian lho! Jika kamu memiliki 2 handuk yang dipakai bergilir setiap seminggu sekali, maka handuk harus diganti setelah dipakai selama dua tahun. Namun, kalau kamu memiliki 3-4 handuk yang dipakai bergantian, bisa jadi jangka waktu penggunaan bisa lebih lama. Ini dilakukan karena serat pada handuk sudah tidak bagus lagi. Kamupun bisa memanfaatkan handuk bekas tersebut sebagai keset, lap, atau lainnya.

Handuk Adalah Barang Pribadi

  • Bagikan