Langka, 24 Juni 2022 Fenomena 5 Planet Sejajar di Langit

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hi Sobat KeKeR, pastikan kamu tidak melewatkan momen langka dari tata surya pada tanggal 24 Juni 2022. Yapp, fenomena 5 planet sejajar di langit yang bisa kamu saksikan tanpa bantuan teleskop.

Fenomena ini disebut sebagai konjungsi, ketika planet tampak berdekatan dari Bumi. Konjungsi beberapa planet cukup umum dan terjadi setiap tahun, tetapi kelima planet berbaris hanya terjadi setiap dua dekade.

Melansir dari laman beautynesia.id yang merangkum dari The Guardian, menurut Dr. Greg Brown seorang petugas astronomi publik di Royal Museums Greenwich mengatakan, bahwa Venus dan Jupiter menjadi planet paling mudah untuk dilihat.

Venus akan terlihat sekitar pukul 04.00 waktu Inggris dan Mars serta Jupiter sekitar pukul 02.45 pagi. Kemudian Saturnus akan terlihat pukul 01.30. Dan yang paling sulit untuk dilihat adalah Merkurius, sekitar pukul 04.30 pagi.

Menurut Brown, satu-satunya cara untuk melihat kelima planet sejajar adalah  pada saat Merkurius terbit, tapi sebelum Matahari ikut terbit.

Hal ini diperkuat oleh pendapat Dr Samantha Rolfe, petugas teknis utama di observatorium Universitas Hertfordshire, Merkurius akan lebih mudah dilihat sepanjang Juni saat Merkurius muncul di langit dan terlihat cerah.

  • Bagikan