Jangan Balas Dendam, Begini Cara Memaafkan Orang yang Menyakitimu

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, tau nggak sih kalau dendam itu berbeda dengan marah. Marah itu ada hati bergejolak dan perasaan tidak menerima keadaan, tetapi jika sikap marah itu dibarengi rasa ingin menjatuhkan sanksi, itu dinamakan dendam yah gaes.

Dendam datang bisa diakibatkan oleh perlakuan orang lain yang sudah berlebihan seperti memaki, menghujat atau bahkan mengfitnah hingga menyebabkan dendam itu muncul. Ada yang lebih memilih melampiaskan dendam karena kepuasan, tapi kepuasan tersebut hanya sementara karena begitu selesai melampiaskan dendamnya selesailah persoalan, tetapi belum tentu itu terobati. Namun,kalau lebih memilih memaafkan itu terobati.

Seperti yang dirasakan Muh Rakhmatullah Rayhan Akhmad yang bersekolah di SMAN 8 Makassar. Ia bilang dirinya tipe orang yang jika tidak tahan dengan perlakuan orang lain kepadanya, doi akan lampiaskan dengan cara berdiam diri. Dikenal dengan orang yang bahagia di depan umum, jika ia diam berarti ada something yang dia nggak suka.

Terlepas dari itu Rayhan kebanyakan memilih memaafkan, ia sendiri adalah orang yang nggak tegaan jika melampiaskan dendamnya. Dengan situasi memaafkan orang tersebut tapi sikapnya tidak akan sama saat pertama kali kenal.

  • Bagikan