Pelajar SMK Telkom Makassar Membuat Animasi Super Hero Berbasis AR dalam Nuansa Sulsel

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, teman kita dari SMK Telkom Makassar berhasil membuat animasi digital berbasis Augmented Reality (AR) yang bisa ditampilkan seolah-olah menjadi nyata loh. Keren ya gaes!

Berawal dari tugas mata pelajaran membuat desain grafis yang kemudian dikembangkan dengan bentuk digital berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan aplikasi ‘Artivive’, project ini berhasil diselesaikan selama kurun waktu dua minggu. Project animasi digital ini mengambil tema superhero bernuansa Sulawesi Selatan. Animasi yang dihadirkan tak hanya sebatas hiburan semata, tetapi memberikan edukasi dan informasi terkait Sulawesi Selatan.

Salah satu siswa yang ikut mengerjakan project ini, A. Tyas Nur Atda bilang alasan di balik animasi superhero bernuansa Sulsel ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan budaya Sulsel. Ia juga bilang ada beberapa hambatan dalam mengerjakan project kali ini seperti pemilihan konsep, pemilihan warna, dan mendigitalkan gambar. “Sejauh ini yang memakan waktu sebenarnya pemilihan konsep, karakter seperti apa yang ingin dibuat. Sama kalo digital itu lebih susah dibentuk karena pakai laptop tidak digambar langsung, selain itu sulit dalam pemilihan warnanya”, kata cewek yang akrab disapa Tyas.

Siswa SMK Telkom Makassar, Muh Argya Ishmat Islah juga ikut berkomentar. Ia bilang dalam mengerjakan project ini dirasanya cukup mudah karena dalam mendigitalkan animasi ini karena menggunakan aplikasi yang telah tersedia, yaitu Aplikasi Artivive. Di mana aplikasi tersebut bisa digunakan oleh publik.“Ini cukup mudah karena aplikasinya sudah ada, kita hanya mengimpor gambar yang ingin didigitalkan disertai dengan data pendukung lainnya”, beber Argya.

Farid Mawardi selaku Guru Desain Grafis dan Pemrograman, bilang awalnya siswanya hanya difokuskan dalam proses konsep desain grafisnya saja. Namun, dengan adanya project ini, mereka ditantang untuk bisa lebih mengeksplor teknologi digital khususnya dalam membuat project AR.

  • Bagikan