TV Analog Akan Dihilangkan di Indonesia dan Beralih ke TV Digital

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID- Halo Sobat KeKeR, tahu gak sih kalau siaran TV analog di seluruh Indonesia akan dihilangkan loh. Hal itu mulai berlaku pada tanggal 2 November 2022 mendatang.

Siaran TV analog akan digantikan dengan TV digital sebagai upaya digitalisasi penyiaran yang lebih canggih dan tidak ketinggalan zaman. Namun apa sih itu TV Digital?

Jika TV analog ditransmisikan melalui sinyal radio yang terbagi dalam dua format (audio dan video), TV Digital menggunakan sinyal digital berupa transmisi sinyal dalam bentuk bit yang dapat menghasilkan kualitas gambar lebih tinggi serta suara yang lebih jernih lagi.

Pada umumnya, TV digital sudah dilengkapi dengan fitur digital video broadcasting terrestrial second generation (DVB-T2) yang mampu menerima sinyal digital hingga memungkinkan pengguna dapat menonton tanpa menggunakan antena eksternal.

Yuk simak perbedaan antara TV analog dan TV digital berikut ini.

1.Sinyal yang digunakan

Televisi analog hanya bisa menerima sinyal antena UHF yang menyebabkan lebih rentan mengalami gangguan, noise, hingga distorsi. Sedangkan untuk televisi digital sudah bisa memproses sinyal digital atau analog, sehingga minim gangguan.

2.Kemampuan menangkap sinyal

  • Bagikan