Kamu Harus Tahu, Begini Loh Cara Mengatasi Mood Swing

  • Bagikan
photos by Riski Risma

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, baru aja senang, eh badmood tiba-tiba datang dan bikin suasana hati nggak karuan. Kalau kamu sering merasakan hal itu, berarti kamu mengalami yang namanya mood swing. Keseringan nggak baik loh.

Perubahan suasana hati ini bisa disebabkan oleh peningkatan hormon saat masa pubertas. Kadang ni yah raut wajahnya semangat, eh beberapa menit kemudian lesu.

Mood swing adalah perubahan mood (suasana hati) yang jelas terasa atau terlihat. Pada dasarnya, perubahan mood dan emosi ini bisa saja terjadi sesekali dan hal ini tidak disebabkan oleh kelainan tertentu. Namun, jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari atau disertai tanda-tanda lain, mood swing patut dicurigai sebagai gejala dari gangguan mental.

Cewek yang bersekolah di SMAN 2 Makassar, Anugrah Angraini, bilang hampir setiap hari ia merasakan perubahan mood, kadang ia ceria namun kemudian jadi pendiam.”Faktornya itu random, waktu pagi mood-ku itu baik seperti mau sapa semua orang, tapi saat belajar ada materi yang saya tidak mengerti, mood-ku langsung berubah total, aku langsung jadi pendiam,” ucap cewek yang sering disapa Angraini.

Cowok dari SMAN 12 Makassar, Al Fajjar, mengatakan keadaan mood swing terjadi padanya ketika sesuatu yang tidak sesuai ekspektasinya, meskipun demikian doi mengaku perasaan itu bergantung dari keadaan dan dampaknya. “Kayak ada hal yang tidak sesuai ekspektasi, sejauh ini di saat bertukar argumen sama teman sekolah atau kadang ada pro-kontra jadi hal itu terbiasa terbawa sampai ke mood,” kata Fajar.

  • Bagikan