Asah Kreativitas, Siswa SMK SMTI Makassar Ciptakan Produk Kecantikan dari Rumput Laut

  • Bagikan
photo by Husnunniah Takbir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKer! Pasti tahu rumput laut, kan. Tumbuhan dengan banyak manfaat. Termasuk kecantikan. Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati di wilayah pesisir dan laut. Tumbuhan ini punya ragam jenis. Cukup unik. Manfaatnya juga banyak loh, gaes. Tak hanya olahan makanan. Rumput laut juga bisa diolah menjadi produk kecantikan loh, Daebak!

Hal ini yang menjadi inspirasi para siswa-siswi SMK SMTI Makassar. Mereka sudah berhasil mengolah rumput laut sebagai bahan utama produk kecantikan; body lotion, sabun, hingga pengharum ruangan.

Inovasi ini tidak lahir begitu saja. Semua berawal dari metode pembelajaran. Ya, belajar akan mengasah kemampuan siswa dan siswi. “Bangga bisa membuat produk begini diusia sekarang. Terus langsung memakai produk yang dibuat sendiri itu beda rasanya,” ungkap siswi SMK-SMTI Makassar, Aulia Astigrifia.

Asal tahu saja, ya gaes. Kedepannya para siswa dan siswi ini ingin mengelola rumput laut menjadi bahan dasar olahan pangan seperti tepung karagenan. Ya, rumput laut yang akan mereka gunakan berjenis eucheuma cottoni atau biasa dikenal rumput laut cottoni.

Rumput laut cottoni ini nantinya akan melalui proses sortasi. Selama proses akan dilakukan pemisahan rumput laut dari sampah atau benda-benda asing yang menempel. Setelah itu, dicuci sebersih-bersihnya.

Air pembilasannya pun bisa diganti sampai berulang-ulang untuk memastikan kebersihan rumput laut-nya, ya, SoKer. Setelah benar-benar bersih, barulah masuk tahap alkalisasi. Rumput laut direndam menggunakan larutan alkali jenis KOH (Kalium Hidroksida) dengan konsentrasi yang sesuai.

Nah, Guru Jurusan Pengawasan dan Mutu, Sarwinni menjelaskan, uap panas yang digunakan berasal dari boiler. Tekanannya cukup 3 sampai 4 bar. Setelah sampai dengan tekanan yang sudah di atur, baru kita pakai ke pipa-pipa di tiap tangki.

  • Bagikan