5 Manfaat Dahsyat dari Begadang, Ternyata Bisa Bikin Pintar

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi setiap orang. Tapi, sebagian orang harus rela sering begadang dan tidur larut malam karena suatu alasan. Selain itu, sejumlah orang sering begadang karena merasa lebih produktif dan kreatif pada jam-jam malam.

Jadi guys kabar baiknya, asalkan kamu mendapatkan tidur yang cukup, maka tidur larut malam pun bukan hal yang membahayakan kok. Bahkan banyak studi yang telah membuktikan manfaat besar dari tidur larut malam.

Melansir dari Bustle dan Little Things, berikut beberapa manfaat begadang yang harus kamu tahu. Yuk simak penjelasannya!

1. Lebih Pintar

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences mengungkapkan bahwa mayoritas anak yang cerdas terbiasa tidur larut malam dan bangun terlambat. Sebenarnya begadang tidak akan membuat seseorang lebih pintar. Akan tetapi, jika seseorang begadang karena melakukan hal yang bermanfaat sampai larut malam, seperti belajar, membaca, menulis, maka hal ini tentunya membuat orang yang sering begadang menjadi lebih cerdas daripada mereka yang tidak begadang.

2. Meningkatkan Kekuatan

Penelitian dari University of Alberta menemukan bahwa sementara kekuatan manusia di pagi hari tetap konsisten sepanjang hari, tetapi orang yang suka begadang justru menunjukkan puncak kekuatannya di malam hari. Hal ini dimungkinkan terjadi karena adanya peningkatan korteks motorik dan rangsangan sumsum tulang belakang di malam hari.

  • Bagikan