Yuk Kenali Karakteristik Highly Sensitive Person dari Sudut Pandang Psikologis

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID — Helloww SoKeR, kamu pernah nggak sih mendengar istilah “orang baperan” atau kamu sendiri sering disebut terlalu sensitif oleh teman-teman kamu? ternyata ada lho ciri kepribadian yang disebut dengan Highly Sensitive Person (HPS)!

Jadi SoKeR, Highly Sensitive Person (HSP) merupakan istilah yang diciptakan oleh seorang psikolog bernama Elaine Aron. Menurut Aron , HSP adalah seseorang yang memiliki ciri kepribadian yang sensitif atau kepekaan tinggi.

Situasi yang ramai dan banyaknya interaksi sosial dapat membuat si HSP kelelahan. Berdasarkan penelitian Aron sekitar 15 – 20 % populasi orang di dunia memiliki ciri kepribadian HSP, baik orang yang introvert maupun ekstrovert bisa memiliki ciri kepribadian yang sangat sensitif lhoo! Namun menurut Aron 70% orang HSP merupakan orang introvert.

Yukk SoKeR kita intip apa aja karakteristik dari HSP:

Suka mencari makna dan tujuan dalam berbagai hal

Biasanya orang dengan karakteristik HSP seperti ini, sering larut dalam pemikiran sendiri dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Mudah tersentuh pada keindahan

Sekecil apapun hal tersebut jika baginya itu indah maka akan lebih mudah tersentuh, karena memiliki rasa empati yang tinggi misalnya: melihat alam yang asri, pertunjukan seni, atau bahkan video pendek yang mengharukan.

Kelelahan dengan banyak rangsangan

Mudah merasa lelah terutama saat berada di tempat yang ramai, suara bising, atau cahaya yang terang.

Membutuhkan waktu untuk menyendiri

Setelah melewati hari atau aktivitas yang cukup melelahkan baginya, ia merasa perlu untuk diam sejenak dalam ruangan yang sepi.

  • Bagikan