Ini 5 Tips Menabung Efektif Agar Kamu Tidak Boros

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, terkadang hal yang paling sulit saat menabung adalah memulainya. Selalu ada pantangan di saat ingin memulai untuk menyisihkan uang yang kita punya, entah kita bingung untuk menyimpannya dimana agar tidak ada pikiran untuk mengambilnya kembali atau banyaknya kemauan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya sangat tidak kita butuhkan.

Perencanaan finansial (financial planning) sangat dibutuhkan dalam membangun kebiasaan menabung yang baik dan benar. Melansir dari Bank of America, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai tujuan menabung, baik untuk untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Dijamin anti gagal!

1. Catat Pengeluaran

Catat seluruh pengeluaran keuangan kamu dengan cara yang dirasa paling mudah, misal sesederhana menggunakan pensil dan kertas, atau menggunakan spreedsheet, atau bahkan menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran yang tersedia di Play Store atau App Store. Setelah kamu mengetahuinya informasi di setiap pengeluaran, maka selanjutnya kamu dapat mengurutkannya sesuai kategori lalu menjumlahkannya.

2. Kurangi Pengeluaran

Jika kamu tidak dapat menabung sebanyak yang kamu inginkan, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi pengeluaran. Identifikasi hal-hal yang dirasa dapat dikurangi dengan cara mencari alternatif lain.

3. Tetapkan Tujuan Tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan punya tujuan. Mulailah berpikir apa sebenarnya tujuan kamu menabung. Apakah itu untuk jangka pendek satu sampai tiga tahun ataukah jangka panjang (empat tahun atau lebih). Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang kamu perlukan dan berapa lama waktu yang diperlukan bisa menabung memenuhi target tersebut.

  • Bagikan