Ini 5 Tips Menabung Efektif Agar Kamu Tidak Boros

  • Bagikan

4. Terapkan Sistem Tanggal

Kamu harus memahami bahwa menabung bukanlah mengumpulkan uang yang tersisa, namun menyisihkan sebelum menggunakannya. Agar menabung menjadi semakin seru dan efektif, kamu bisa menggunakan sistem tanggal. Contohnya, dalam 1 bulan ada 30 hari. Jadi, pada tanggal 1, kamu bisa menabung sebesar 30 ribu, tanggal 2 sebesar 29 ribu, dan seterusnya. Apabila kamu melakukannya secara konsisten, maka dalam 1 bulan, kamu akan mengumpulkan uang sebesar 465 ribu.

5. Tabung Uang Kertas Terkecil

Ini juga bisa mencari cara seru dan unik lainnya untuk menabung. Caranya, cukup cek isi dompet kamu setiap hari, temukan uang kertas dengan nominal terkecil di dalamnya, dan masukkan ke dalam celengan. Sebaiknya, kamu juga menentukan pada jam berapa kamu akan mengecek dompet dan menabung uang di celengan setiap harinya.

Hal ini penting supaya kamu jadi terbiasa dan dapat melakukannya secara konsisten. Misalnya, setiap hari kamu sampai rumah jam 8 malam. Sebelum melakukan kegiatan apapun, kamu harus mengecek isi dompet dan mengambil nominal terkecil di dalamnya, lalu menabungkannya.

Nah SoKeR, yuk mulai dari sekarang kita belajar menabung. Menabung itu seru loh! nantinya kamu dapart gunakan untuk sesuatu yang lebih penting atau bisa menjadi simpanan masa depan.

  • Bagikan