Menguatkan Nilai Moral dengan Literasi Agama

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, kamu sudah pasti paham kalau sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral. Nilai-nilai moral tersebut bisa ditanamkan dan dikuatkan dengan literasi.

Nah, nggak cuma sekadar literasi dalam artian membaca, tetapi literasi agama juga perlu banget untuk kamu ketahui sebagai peserta didik. Pendidikan agama adalah bentuk usaha dalam menyiapkan para siswa/siswi dalam meyakini, memahami, serta mengamalkan agama melalui kegiatan bimbingan, pengarahan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama.

Beberapa sekolah di Kota Makassar telah menerapkan program literasi keagamaan guna meningkatkan iman dan taqwa peserta didik. Seperti halnya yang dirasakan Huswan Hidayatullah, siswa SMAN 17 Makassar. Ia bilang kegiatan rutin literasi membaca Al-Qur’an setiap hari sebelum masuk mata pelajaran awal dengan kurun waktu 30 menit. Hal ini membuat dirinya semakin meningkat dalam memperdalam ilmu agamanya khususnya kemahiran dalam membaca dan memahami ayat suci Al-Qur’an.

“Di sekolah kami tiap hari sebelum masuk mata pelajaran pertama, kami rutin melakukan literasi di dalam kelas, seperti membaca Al-Qur’an bagi yang muslim dan yang non-muslim menyesuaikan,” katanya.

  • Bagikan