Ini Loh Perbedaan Membaca Buku Fisik dan E-book

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuu SoKeR, sekarang banyak banget media yang bisa kamu pakai untuk mengakses buku loh. Modal internet aja kamu sudah bisa mendapatkan wawasan yang luas dari e-book. Modal santai di rumah kamu bisa menggali ilmu dari buku cetak favoritmu. Versi baca buku kamu yang mana nih?

Baik buku cetak (physical book) dan juga buku elektronik (e-book), keduanya sama-sama bisa memberikan kamu beragam macam pengalaman imajinasi dan pengetahuan. Hmm, tapi apa sih perbedaan keduanya? Nah, buku cetak adalah buku yang sering kita jumpai di berbagai toko buku. Ditampilkan dalam bentuk fisik, nyata, dan menggunakan kertas. Sedangkan buku elektronik (e-book) adalah buku yang ditampilkan secara digital dalam bentuk file, seperti pdf, mob, dll.

Tiap orang memiliki kesukaan tersendiri dalam membaca buku. Di antaranya, siswi SMAN 10 Makassar, Alisa Putri Dwi Lestari yang lebih memilih untuk membaca buku elektronik (e-book). Menurutnya, e-book jauh lebih fleksibel dan murah dibandingkan buku cetakan. “Soalnya kalau e-book lebih mudah dibawa kemana-mana, apalagi kan kita cuman menggunakan gadget. Jadi memudahkan kita untuk membaca dimana saja,” ungkap cewek yang suka membaca novel.

Hanya saja, menurut Alisa ada beberapa kekurangan ketika membaca e-book. Ia bilang dengan membaca buku elektronik, terkadang fokusnya menjadi pecah, karena banyaknya aplikasi lain yang ada di gadget yang dapat men-distract dirinya. Namun, hal tersebut masih bisa ditanganinya. Ia membagikan tips agar bisa fokus membaca e-book lewat hp.

“Gunakan waktu luang ketika ingin membaca, kemudian matikan notifikasi aplikasi di handphone agar jika ada pesan masuk maka fokus kamu tidak akan terganggu, pastikan baterai hpmu cukup memadai, serta gunakan pencahayaan yang cukup agar kesehatan mata tetap terjaga,” lanjutnya.

  • Bagikan