Takut Jadi Kudet, Yuk kenali FoMO dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKer, berselancar media sosial sangat mengasyikkan bukan? Kini, kita hidup berdampingan dengan media sosial. Namun, media sosial tak hanya memberikan dampak positif aja loh gaes, banyak dampak negatif yang hadir jika tidak dipergunakan dengan baik.

Salah satu dampaknya adalah FoMO atau Fear of Missing Out. FoMO adalah suatu kondisi dimana seseorang akan merasa khawatir apabila ketinggalan informasi atau tren yang sedang berlangsung.

Kondisi ini sering tejadi pada remaja loh gaes, mungkin kalian salah satunya? Fenomena FoMO di kalangan remaja pada umumnya menciptakan mindset kompetitif, tetapi tidak sesuai dengan porsinya. Mereka cenderung selalu merasa tertinggal dan memaksakan dirinya untuk tidak kalah dengan orang lain yang dilihatnya terutama teman sebayanya.

Dengan hadirnya sosial media membuat fenomena FoMO semakin meningkat. Seperti contoh munculnya kekhawatiran seseorang akibat melihat postingan temannya yang sedang melakukan kegiatan yang menyenangkan tanpa dirinya sehingga rasa ingin selalu terlibat terus mendominasi.

Ada beberapa gejala yang menandakan kamu memiliki FoMo, diantaranya selalu mengecek handphone-mu, selalu merasa kepo yang berlebihan terhadap kehidupan orang lain, terlalu memikirkan opini orang lain, merasa terkucilkan saat tertinggal akan sesuatu hal, sert aktivitas di media sosial yang sangat tinggi.

Rasa kekhawatiran akibat takut ketinggalan tren atau kurang updet bisa mengganggu kesehatan mental loh gaes. SoKer harus waspada nih!

Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id, berikut beberapa tips untuk mengatasi FoMO :

1.Fokus pada diri sendiri

Pentingnya untuk fokus pada diri sendiri. Setiap orang tidak mungkin untuk terus mengikuti perkembangan setiap saat. Begitu pula dengan bahagia, seseorang tidak mungkin dalam keadaan bahagia setiap saat karena hidup itu berputar. Kebahagiaan setiap orang tentu berbeda-beda. Kalian tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain karena setiap orang tidak sama dalam menjalani kehidupannya.

  • Bagikan