Keren, SMKN 8 Makassar Adakan Pameran Project Penguatan Profil Pancasila (P5)

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – SMKN 8 Makassar sukses menggelar Pameran Project Penguatan Profil Pancasila (P5). Kegiatan ini merupakan project akhir dalam upaya perwujudan elemen-elemen profil pelajar Pancasila.

Puncak dari tema-tema pembelajaran P5 selama 6 bulan ini memfokuskan pada pembentukan karakter yang dinilai dari proses siswa siswi selama pembuatan project akhir.

Sesuai dengan tujuan kurikulum baru yang berlaku, siswa dilatih untuk berelaborasi dan bernalar kritis, mereka diajarkan untuk mencari tahu dan mengeksplor ide-ide kreatif mereka sendiri.

Semester ini mengusung tema Kearifan Lokal dan Pagelaran Seni: Cintai Tradisiku, Lestarikan Budayaku. Sesuai dengan tema tersebut sebanyak 23 kelas X dan XI yang terlibat, menghidangkan masing-masing satu kue tradisonal Bugis Makassar kemudian menawarkannya kepada para pengunjung. Project ini diharapkan dapat membangun minat siswa siswi dalam potensi wirausaha lokal.

Ibu Kasmawati J, S.Pd selaku Guru P5 menekankan bahwa project ini murni kolaborasi antar siswa. Dalam hal ini guru hanya mengarahkan dan mendampingi bagaimana proses mereka dalam bergotong royong, kreatif, tidak ada kompetisi murni kolaborasi tapi untuk mengapresiasi dan menstimulus agar penampilan tenant mereka menarik maka diadakan penilaian.

“Tidak hanya pentas seni ada juga kompetisi PUBG Mobile dan Mobile Legends dimana untuk mengakomodir dan mewadahi hobi-hobi siswa yang beragam serta upaya penanaman nilai yang menegaskan bahwa secanggih apapapun zaman sekarang, harus tetap berakar pada nilai-nilai budaya luhur mereka dan bagaimanapun mereka menguasai budaya luhur, mereka juga harus tetap menguasai kemajuan teknologi,” jelasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version