Yuk Intip Keseruan Kompetisi Debat (KODA) SMAN 9 Makassar (SMANSEL)

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Ekstrakurikuler Sastra SMAN 9 Makassar untuk pertama kalinya melaksanakan Kompetisi Debat (KODA) dengan tema “Urgensi pelajar kritis meningkatkan efektivitas komprehensif bahasa Indonesia di era society 5.0.” Kegiatan ini berlangsung di panggung SMAN 9 Makassar pada Sabtu, 19 November hingga Minggu, 20 November 2022.

Kompetisi Debat (KODA) merupakan event pertama Ekstrakurikuler Sastra SMAN 9 Makassar setelah berdiri selama 4 tahun. Adapun persiapan yang dilakukan ialah selama 5 bulan. Event ini di meriahkan oleh berbagai sekolah lain yang turut berpartisipasi.

Kompetisi Debat (KODA) bertujuan untuk mengembangkan skill publik speaking dan kemampuan berfikir kritis serta melatih kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan argumentasinya. Kompetisi debat ini juga hadir sebagai ajang untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan melalui nalar berpikir remaja. Adapun perlombaan yang diadakan yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia yang diikuti dari berbagai sekolah di Makassar.

Salah satu peserta lomba Ainiyyah Rezky W dari SMAN 14 Makassar, mengungkapkan perasaan senangnya selama event berlangsung. “Sebagai event pertama yang dilaksanakan ini sudah sangat bagus, service dari panitia sangat baik, bahkan dewan jurinya pun juga sangat baik dalam memberikan saran-saran untuk kami,” ungkap Ainiyyah Rezky W.

  • Bagikan