Pekan Sima’an Al-qur’an SD Islam Athirah Boarding School Makassar

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – SD Islam Athirah Boarding School Makassar mengadakan Pekan Sima’an Al-qur’an, pertama kali sejak pandemi. Setelah berlangsung selama lima hari, penutupan kegiatan tersebut diadakan pada Jum’at (16/12/2022) mulai pukul 15.30 WITA bertempat di SD Islam Athirah Racing Centre Makassar.

“Pekan Simaan Al-qur’an adalah program evaluasi seluruh hafalan yang sudah dicapai oleh anak-anak selama satu semester. Semua yang mencapai target hafalan yaitu minimal 1 juz per semester, akan diuji oleh Koordinator Al-qur’an. Jika lulus tes, mereka diminta naik ke atas panggung untuk mengaji dan menghafal Alqur’an sesuai hafalannya. Selain disimak oleh beberapa teman mereka sendiri yang ditunjuk, Pekan Sima’an Alqur’an tersebut juga berlangsung secara live di youtube, facebook, dan Instagram sekolah,” tutur Kepala Sekolah SD Islam Athirah Boarding School Makassar, Dr. Juhri S.S., M.Hum.

Kali ini, kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan dari kelas 1 hingga kelas 6. “Kalau Sima’an biasanya diikuti per kelas. Tiap kelas ada yang mewakili karena targetnya ada 3 kategori. Ada yang 1 juz yaitu juz 30, ada yang dua juz yaitu juz 29 dan 30, lalu ada yang tiga juz yaitu juz 28, 29, dan 30” ucap Hilman Maulana selaku ketua pantia acara ini.

Penutupan Pekan Sima’an Al-qur’an tersebut dibuka dengan lantunan Ayat Suci Al-qur’an oleh salah satu murid yaitu Abdillah. Setelah itu, para siswa dan siswi memberikan penampilan seperti pembacaan Sholawat. Sebelum pembacaan doa untuk menutup acara, terdapat pengumuman peserta terbaik di antara murid-murid yang mengikuti Pekan Simaan Al-qur’an.

  • Bagikan