Seputar UTBK yang Wajib Kamu Tahu Sebagai Calon Mahasiswa

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, gimana nih perasaan kamu yang udah mau lulus SMA? Udah mulai mikir tentang UTBK yah? Atau ada yang masih bingung UTBK itu apa? Jadi Sobat keker, Pengertian UTBK sendiri merupakan ujian atau tes seleksi yang kalian ambil untuk masuk PTN. Adapun kepanjangan UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. 

UTBK diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.  Ada tiga pilihan rumpun di UTBK, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Mata uji UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Bagi peserta UTBK tentunya sudah harus mempersiapkan diri sedini mungkin karena persaingan UTBK dari tahun ke tahun semakin ketat loh SoKeR. Oleh karena itu, berikut 5 fakta seputar UTBK  dilansir dari @eco.id yang wajib kamu tahu sebagai calon mahasiswa,Yuk simak!

1.Soal UTBK berbeda setiap hari

Pelaksanaan UTBK itu digelar dalam beberapa hari. Namun perlu kamu tahu, bahwa soal UTBK yang diberikan setiap harinya itu berbeda. Jadi, perlu giat belajar dan jangan pernah kamu berharap untuk mendapatkan bocoran soal ataupun jawabannya.

2.Ada tes Bahasa Inggris

Pada UTBK tahun 2022, peserta akan mendapatkan paket soal berupa tes Bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan guna mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

  • Bagikan