Begini Cara Memilih Jurusan Kuliah Supaya Kamu Tidak Salah Pilih

  • Bagikan
PHOTO BY ASEHPRYANTO RARI PARINDING

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haaloo SoKeR, lulus SMA tinggal menghitung bulan lho, kamu sudah memilih jurusan belum? Yapps, Ada baiknya kamu memikirkan jurusan sebelum masuk ke jenjang perkuliahan. Jangan sampai salah jurusan yah.

Mengetahui jurusan yang akan kamu ambil pada saat ingin masuk di perguruan tinggi sangat penting guyss. Tidak jarang sebagian siswa sudah mulai merasa tertarik untuk memilih jurusan perkuliahan nanti. Tentu saja untuk beberapa dari SoKeR yang mungkin telah mantap menetapkan hati. Tapi banyak dari SoKeR yang masih bingung untuk memilih jurusan.

Seperti yang dirasakan salah satu siswa SMAN 16 Makassar, Muh. Anugrah. Doi mengatakan bahwa ia masih bingung memilih jurusan untuk masuk ke perguruan tinggi nanti. “Sejujurnya saya masih bingung mau memilih jurusan apa dan saya takut jika saya memilih dan akhirnya salah jurusan,” katanya.

Berbeda dengan siswi cantik Putrytara Shafira asal SMAN 5 Maros. Doski sudah memilih jurusan yang akan dipilihnya nanti, doski bilang ia sudah lama memilih jurusan tersebut dan sudah mencari tahu terlebih dahulu. “Saya sudah memantapkan hati untuk memilih jurusan yang sudah saya tetapkan dari jauh-jauh hari, dan sebelum saya memilih saya sudah mencari tahu terlebih dahulu agar saya tidak merasa salah jurusan,” ucapnya.

Andi Nurhikmah Pratiwi A. S.Psi selaku guru BK SMAN 21 Makassar turut berkomentar mengenai ini. Sangat penting untuk mengetahui jurusan apa yang akan kita ambil pada saat diperguruan tinggi. Karena jika anak-anak salah memilih dalam jurusan itu sangat fatal. Karena ujung-ujungnya pasti mereka akan malas-malasan ke kampus, bahkan biasanya ada yang akan mengulang lagi untuk masuk perguruan tinggi, atau bisa jadi berhenti untuk kuliah. Jadi untuk itu anak-anak perlu mempelajari dalam dirinya sendiri jurusan apa sih yang cocok nantinya setelah tamat SMA.

“Jadi yang jelasnya jangan ikut-ikutan dengan pilihan teman karena itu sangat merugikan bagi kita sendiri, Karena nantinya teman kita sudah jauh untuk melangkah dan malah kita yang masih stuck di situ saja karena salah dalam memilih jurusan,” jelasnya.

  • Bagikan