Keren, MAN 2 Kota Makassar Membuat Robot-Soccer dan Line Follower Robot

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID — Haloo gaiss, KeKeR bawa teman baru lagi lhoo Zahir Muhammad Adin dari MAN 2 Kota Makassar yang berhasil membuat robot nih SoKeR, keren yaa!

Berawal dari mengikuti program ekstrakurikuler Math Club & Robotics dan ekstrakulikuler Islamic English Teenagers serta berbagai macam kompetisi seperti 11th World Robotics for Peace (WRP) dan International Kangaroo Linguistic Contest.

Di Math Club & Robotics doski belajar cara merakit dan programming robot sebagai prototype untuk dikembangkan sesuai kebutuhan. Baik untuk lomba maupun kegiatan pembelajaran.

Nah, saat kompetisi internasional 11th World Robotics for Peace (WRP) di Kuala Lumpur, Malaysia, yang diselenggarakan International Robotic Training and Competition (IRTC) dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) doski membuat tiga kategori robot.

Pertama, adalah Robot-Soccer. Konsepnya adalah mobile robot yang dispesialisasikan untuk memainkan berbagai variansi permainan sepak bola atau soccer. Kedua ada Robot-Sumo. Cara kerjanya, robot dipertandingkan dengan tujuan utama mendorong robot lawan keluar dari arena.

Terakhir adalah Line Follower Robot (LFR). Tipe robot ini cukup unik. Di mana, robot bergerak mandiri (otomatis) untuk mendeteksi garis gelap di permukaan putih atau garis putih di permukaan gelap.

Doski juga memiliki motivasi saat membuat robot. “Motivasi saya agar membantu dan mempermudah pekerjaan dan kegiatan serta meningkatkan kualitas hidup manusia,” motivasinya.

  • Bagikan