Pelajar SMK SMAK Makassar Olah Batang Pisang Jadi Pupuk Cair

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID- Haiii SoKeR, siapa nih yang udah nungguin inovasi baru kali ini? Nah, kenalin teman-teman kita dari SMK SMAK Makassar. Mereka menyulap batang pohon pisang menjadi pupuk organik cair.

Produk yang mereka buat diberi nama BaPoPi. Produk ini telah terbukti aman untuk digunakan pada tanaman dan lingkungan, karena telah diuji kadar N, P, K, dan C-organik sesuai nilai mutu untuk pupuk organik cair menurut Peraturan Mentan Nomor 261/KPTS/SR.310/M/4/2019.

Langkah awalnya mereka dimulai dengan mencari dan mengidentifikasi bahan yang cocok untuk pembuatan pupuk organik cair. Kemudian, menganalisis bahan baku selama jangka waktu Agustus hingga Oktober 2022.

“Alasan kami memilih produk ini, karena penggunaan pupuk organik masih jarang sekali ditemui. Sehingga kami ingin membuat produk pupuk organik yang berbentuk cair, dan bahannya pun kami cari dari limbah yang masih bisa dipakai. Yakni limbah batang pohon pisang yang buahnya telah dipanen. Siapa sangka, sesuatu yang biasa tebuang begitu saja bisa diubah menjadi produk yang bermanfaat,” jelas Nur Ilahi Faizal Alonso, salah satu pembuat BaPoPi ini.

Faizal dan kawan-kawannya sangat berterima kasih kepada para guru dan alumni yang telah membantu mereka dalam menyelesaikan penelitian ini.

  • Bagikan