Begini Komentar Sobat Keker Tentang Berani Mengakui Kesalahan

  • Bagikan

Sri Mulyati, S.Pd, selaku guru BK SMP Athira Bukit Baruka turut berkomentar tentang hal ini. Jadi pada dasarnya dia ingin melindungi ego diri. Ini biasa disebut orang yang melakukan proyeksi, kebiasaan memproyeksikan perasaan kepada orang lain kerap dilakukan oleh orang  yang kurang percaya diri atau rendah diri.

Terkadang orang tidak merasa bersalah bukan karena ia tidak tahu kesalahannya, melainkan  tidak mau mengakui kesalahannya. Ia juga menambahkan cara menghadapi jika kita bertemu dengan seseorang yang seperti itu.

Jika memiliki teman seperti ini dan ia sudah kerap bertindak seolah-olah menyalahkan orang lain, maka kita bisa menjelaskan secara langsung kesalahan yang dimiliki oleh orang tersebut. Kita bisa menjelaskan di depannya langsung,

“Jika sudah menunjukkan secara langsung kesalahannya, tapi tidak cukup membuatnya jera, maka kita bisa memberikan pengertian kepadanya bahwa sikap yang dilakukannya tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Perlu kita Katakan kepadanya bahwa sifat seperti itu tidak bisa membuatnya keluar dari masalah, justru dapat menimbulkan masalah baru,” tutupnya.

So, guys, jika kita benar-benar salah, akui kesalahan kita. Jangan menyalahkan orang lain ya. (*)

  • Bagikan