Begini Komentar Sobat Keker Tentang Berani Mengakui Kesalahan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo SoKeR, pernahkah kalian bertemu dengan seseorang yang suka menyalahkan orang lain? Atau kalian punya teman seperti itu? Hmm…, coba kalian ingat-ingat dulu deh, SoKeR (Sobat KeKeR). 

Yups, pada dasarnya seseorang yang suka menyalahkan orang lain, dia ingin melindungi ego diri. Ini biasa disebut orang yang melakukan proyeksi.

Kebiasaan memproyeksikan perasaan kepada orang lain kerap dilakukan oleh orang yang kurang percaya diri atau rendah diri. Terkadang orang tidak merasa bersalah bukan karena ia tidak tahu kesalahannya, melainkan  tidak mau mengakui kesalahannya. 

Salah satu siswa MTsN 1 Kota Makassar AArseikha Irtiyah R. Arwan, pernah mengalami hal seperti itu, tetapi dia mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

“Saya pernah merasakan hal seperti itu. Tapi saya tidak hanya diam, saya mencoba menghadapinya adalah dengan cara menjelaskan kepada lawan bicara sesuai apa yang saya alami atau menjelaskan sesuai pandangan saya,” cuap Arseikha.

Sama halnya dengan Husnul khatimah, siswi SMK Telkom Makassar. Doski pernah merasakannya juga, tetapi doski mencoba tetap tenang dan mengabaikannya saja. “Saya pernah mengalami hal seperti itu, tapi saya selalu punya cara menghadapinya, yaitu saya tetap berusaha untuk tetap tenang, belajar bersikap cuek dan mempertahankan pikiran jernih dan bersabar saja kebenaran yang sesungguhnya nanti akan terbuka,” ungkap siswi cantik ini.

  • Bagikan