SMK SMAK Makassar Mengolah Limbah Jadi Pakan Ayam

  • Bagikan
MUHAMMAD ARFANDY/FAJAR

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, teman kita dari SMK SMAK Makassar berhasil membuat pakan ayam dari batang pisang dan ampas tahu lho, keren, ya, gais.

Semua berawal dari kegiatan pelaksanaan project work. Di mana, pakan ayam berhasil diciptakan dari batang pisang dan ampas tahu. Bahannya simple. Pohon pisang juga hanya berbuah sekali. Setelah berbuah pohon pisang pasti akan busuk.

Nah teman-teman dari SMAK mencoba memanfaatkan pohon pisang agar tidak menjadi sampah. Selain itu, ampas tahu juga menjadi pilihan kami karena biasanya ampas tahu tidak digunakan lagi. Padahal, ampas tahu memiliki protein tinggi dan cocok dijadikan bahan pakan ayam.

Fajriah Khuzaemah mengatakan, pihaknya memang fokus dalam pemanfaatan limbah menjadi produk yang bernilai jual dan bermanfaat. Memanfaatkan limbah menjadi produk yang bernilai jual.

Karena itu, kata dia, pihaknya menggunakan batang pisang dan ampas tahu sebagai bahan utama dalam pembuatan pakan ayam kami. Salah satu siswi yang ikut mengerjakan project ini, Nurafmi Bustamin menegaskan, memang ada hambatan dalam proses membuatannya.

Di mana, pakan ayam yang dihasilkan harus disesuaikan dengan standar Nasional Indonesia. “Kendala selama proses pembuatan yaitu pada penyesuaian produk dengan Standar Nasional Indonesia yang telah ditetapkan, seperti kadar protein, serat kasar, dan lainnya yang harus masuk dalam range SNI,” ungkap Nurafmi.

M. Ezha Anggara Putra menambahkan, motivasi mereka dalam pembuatan produk ini untuk menunjukkan bahwa limbah tidak selamanya merusak lingkungan. Harapannya untuk produk tersebut dapat mengurangi limbah.

  • Bagikan