Awas! Keseringan Sleep Call Bisa Memicu Tumor Otak

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, istilah sleep call pasti nggak asing di telinga kamu. Kegiatan menelepon sambil tidur ini menjadi tren sekarang, terutama di kalangan remaja yang dilanda asmara. Hayoo ngaku, pasti kamu salah satunya.

Aktivitas sleep call membuat penggunaan Hand Phone (HP) menjadi berlebihan, karena telepon tidak akan dimatikan bahkan jika salah satu atau keduanya tertidur hingga pagi hari. Duhh, dua tiga jam menggunakan HP tanpa henti saja bisa membuat kepala sakit, apalagi kalau semalaman terkena radiasi HP. Kalau sudah keseringan, bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Siswa SMK kesehatan terpadu Mega Rezky Makassar, Riki Adrian mengaku tidak bisa lepas dari HP, dalam sehari saja ia bisa menggunakannya selama delapan jam, ia bisa lepas dari HP-nya jika perangkat tersebut lowbat atau ada mata pelajaran sekolahnya, dan selebihnya menggunakan HP.

“Kalau pegang HP-nya lama, kalau saat disimpan langsung berkunang-kunang, yang saya rasakan akhir-akhir ini mungkin karena porsi pegang HP-nya juga lama dibanding sebelumnya,” ujar doi yang akrab disapa Ikki ini.

Sama halnya dengan doski Ainun Roihanah Maharani, Siswi SMAN 5 Makassar bilang, HP sudah menjadi kebutuhannya, seperti membantunya dalam belajar hingga beroganisasi. Meskipun banyak dampak buruknya saat menggunakan HP dalam sehari bisa delapan jam hingga sepuluh jam, tapi sebisa mungkin ia bisa memanfaatkan gawainya buat hal-hal yang berguna.

  • Bagikan