5 Negara yang Melarang Penayangan Film Barbie

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Film Barbie saat ini menjadi tontonan yang tidak boleh dilewatkan. Dari awal penayangan, Barbie sudah meraup kesuksesan. Film yang disutradarai Greta Gerwig ini resmi tayang di bioskop pada 21 Juli 2023.

Gegap gempita kehadiran film Barbie juga menuai kontroversi di beberapa negara. Berikut 5 negara yang melarang penayangan film Barbie, seperti yang dilansir dari laman detikcom.

1. Filipina

Film Barbie sempat ditolak di Filipina tapi filmnya sudah diizinkan tayang oleh Badan Peninjauan dan Klasifikasi Film dan Televisi Pemerintah.

Badan Peninjauan dan Klasifikasi Film dan Televisi Pemerintah sudah dua kali meninjau dan berkonsultasi dengan pejabat urusan luar negeri dan pakar hukum mengenai penayangan film Barbie.

Pemeriksaan itu dimulai pertengahan Juli setelah Vietnam dilaporkan melarang film Barbie karena adegannya menampilkan peta dengan sembilan garis putus-putus. Sembilan garis putus-putus itu diketahui biasa digunakan China untuk menandai klaimnya secara sepihak atas hampir seluruh wilayah di Laut China Selatan.

Otoritas Filipina akhirnya meminta distributornya di Hollywood untuk menyensor garis pada gambar peta dunia yang diduga menunjukkan klaim China atas Laut China Selatan yang disengketakan.

2. Vietnam

Sebelum Filipina, ada negara Vietnam yang juga mempermasalahkan film Barbie. Vietnam tetap melarang adanya penayangan film Barbie di negara tersebut.

  • Bagikan