Begini Kata Ahli Soal Menggunaan Headset yang Terus-menerus, Awas Budek

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Gaes, headset memang punya fungsi yang banyak, tapi pemakaiannya yang terus-menerus bisa berbahaya lho, Sobat KeKeR. Awas budek!

Yappss, headset merupakan perangkat portabel yang bisa di bawa ke mana-mana. Selain itu dengan bantuan headset, pemakai tidak perlu lagi mengecangkat suara di suara sistem, yang dapat menggangu kenyamanan orang lain yang ada di dekat kita.

Menurut Gita Ghafirah Syarafah dari SMAN 5 Makassar, memakai headset yang berlebihan itu bisa merusak saraf telinga kita karena volume yang berlebihan. Apalagi jika menggunakannya saat tidur, itu sangat tidak disarankan.

“Secara pribadi saya juga sering menggunakan headset. Saat mau belajar maupun mendengarkan musik, dan itu membuat saya lebih tenang dan lebih fokus saat belajar,” cuap Gita.

Muh Satrio, siswa SMK Kartika Wirabuana Makassar juga sangat suka memakai headset. Terkadang, karena terlalu asyik, ia suja tidak sadar telah mengunakan headset cukup lama. Bahkan dengan volume yang melebihi batas aman. Hal itu ternyata mengganggu pendengaran doi. Ia cukup sering kali mengalami telinga berdenging setelah menggunakan headset terlalu lama.

“Jika boleh saya sarankan, saat mengunakan headset sebaiknya jangan terlalu keseringan. Apalagi menggunakannya di waktu yang cukup lama. Karena bisa membuat pedengaran kita menurun dan gangguan pendengaran yang sifatnya permanen,” beber Satrio.

  • Bagikan