5 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari yang Tidak Disangka-sangka

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID-Hai sobat KeKer, jalan kaki mungkin merupakan sebuah kegiatan yang nampak sederhana. Walaupun begitu, rutin jalan kaki rupanya banyak membawa manfaat untuk kesehatan pada tubuh. Sebagian manfaatnya bahkan bisa mengejutkan.

Dilansir dari detikhealth, berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan dikutip dari Harvard. Apa saja ya?

1. Menangkal Efek Gen Penambah Berat Badan

Kegiatan jalan kaki rupanya sangat baik sebagai salah satu langkah mengontrol berat badan. Salah satunya untuk menangkal gen penambah berat badan.

Setelah diteliti, 32 gen pemicu obesitas pada lebih dari 12 ribu orang untuk menentukan seberapa besar kontribusi gen ini terhadap berat badan. Di antara peserta penelitian yang berjalan cepat sekitar satu jam sehari, efek dari gen tersebut berkurang setengahnya.

2. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi dari American Cancer Society yang berfokus pada jalan kaki menemukan wanita yang berjalan kaki tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang hanya berjalan kaki selama tiga jam atau kurang per minggu.

Jalan kaki juga memberikan perlindungan terhadap faktor risiko kanker payudara yang lain, misalnya seperti mengontrol berat badan.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan kaki mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan arthritis. Berjalan lima hingga enam mil (8-10 km) seminggu bahkan dapat mencegah terbentuknya arthritis.

Jalan kaki dapat meningkatkan kesehatan persendian. Kebiasaan tersebut dapat melindungi persendian, terutama lutut dan pinggul, dengan melumasi sendi dan memperkuat otot yang menopangnya.

4. Meningkatkan Fungsi Imun

Rutin jalan kaki dapat meningkatkan perlindungan tubuh pada penyakit di musim flu dan pilek. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari, setidaknya 5 hari seminggu, memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang.

Jika orang yang rutin jalan kaki sakit, durasi akan lebih singkat dan gejalanya lebih ringan.

5. Mengurangi Keinginan Makan Manis

Peneliti mengungkapkan bahwa berjalan kaki dapat menekan keinginan untuk makan manis. Temuan menunjukkan jalan kaki selama 15 menit dapat mengekang keinginan makan coklat dan mengurangi jumlah coklat yang dimakan dalam kondisi stres.

Tak hanya itu, penelitian ini juga mengungkap kebiasaan ini mampu mengurangi keinginan ngemil dan asupan manis lainnya.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang
Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan