Pangkalan SMPN 4 Makassar Menyelenggarakan Kegiatan Pramuka dengan Tema Orange Competition

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Kegiatan Pramuka adalah kegiatan wajib yang ada di setiap sekolah. SMPN 4 Makassar menyelenggarakan kegiatan perkemahan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari 23 sampai 25 Februari berlokasi di SMKN 5 Makassar.


Perkemahan terlaksana diikuti oleh 240 peserta dari 15 pangkalan dan 120 pembina damping yang ikut serta dalam kegiatan orange competition.


Risandi Tahir selaku ketua panitia menyampaikan bahwa tema kegiatan ini adalah Orange Competition.

“Memiliki simbol yaitu kobarkan semangat, bangkitkan solidaritas bersama meraih prestasi di orange competition,” tutur Risandi.


Rangkaian acara memiliki enam item lomba “LKBB, pramuka cerdas, parade semaphore, pionering kaki 3, pionering kaki 4, dan tari kreasi,” sambung Risandi.

Hidayat Mubin selaku pembina pramuka putra SMPN 4 Makassar mengatakan orange competition merupakan pramuka itu sendiri di Indonesia terbesar komunitasnya yang angkanya sekitar 10% dari total populasi jadi seikitar 25 juta. Minat yang ditumbuhkan yaitu menumbuhkan moral dengan memberi fasilitas agar sekolah-sekolah khususnya Sulawesi Selatan bisa terwadahi kreativitas, keterampilan, dan teknik kepramukaan.

“Jadi orange merupakan simbol untuk menfasilitasi dari salah satu kegiatan pramuka yang ada, nama orange sendiri memiliki makna kehangatan, solidaritas terbentuk, persaudaraan atas dasar gerakan pramuka, oleh sebab itu diadakan kegiatan pramuka ini selain dari menyalurkan bakat dan minat peserta hingga persaudaraan dan silaturahmi yang panjang,” ucapnya.

Adapun Fatir dari SD Monginsidi 3 Makassar sebagai peserta kegiatan orange competition berkomentar mengenai perasaan yang dirasa saat mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini dan melakukan persiapan berlatih selama kurang lebih satu bulan,” tuturnya.


Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini sedang magang jurnalistik di Fajar.

  • Bagikan