Kunjungan Inspiratif Siswa SMKN 1 Wajo ke Harian Fajar, Memahami Etika Kerja Wartawan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Siswa dan siswi SMKN 1 Wajo berkunjung ke Harian Fajar sebagai bagian dari kegiatan observasi terkait etika kerja, Selasa, 27 Februari.

Sebanyak 90 siswa dari tiga jurusan berbeda, yaitu Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, dan Manajemen Perkantoran berkesempatan memahami dan mendalami praktik etika kerja wartawan.

Foto Bersama Siswa Siswi SMKN 1 Wajo, Selasa, 27 Februari

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Wajo, St. Rahma menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan langkah lanjutan dari project pengetahuan profil pelajar pancasila atau P5. Salah satu topik wajib dalam P5 adalah kebekerjaan, khususnya etika kerja.

“Sebelum kunjungan ini, kami telah melakukan tahapan pembelajaran, mulai dari temukan jajaran hingga lakukan observasi di kantor atau perusahaan yang relevan dengan jurusan masing-masing,” ungkap St. Rahma.

Pada tahap temukan jajaran, siswa mencari sumber informasi mengenai etika kerja, sedangkan pada tahap imajinasi, mereka berdiskusi mengenai studi kasus terkait pelanggaran etika kerja. Kunjungan ke Harian Fajar merupakan tahap lakukan, di mana siswa melakukan observasi dan wawancara dengan karyawan untuk lebih memahami etika kerja di dunia jurnalistik.

Menurut Ibu St. Rahma, harapannya adalah agar siswa memahami pentingnya perilaku etis di dunia kerja dan masyarakat. “Kami ingin mereka tahu bahwa nilai-nilai kedisiplinan dan kesopanan yang ditanamkan di sekolah dapat membudaya pada diri mereka setelah melakukan observasi di Harian Fajar,” tambahnya.

Siswa jurusan Akuntansi kelas 11, Arman menyampaikan kesannya terhadap kunjungan tersebut. Doi jadi tahu kalau setiap wartawan harus mengetahui etika mereka sendiri, dan berita yang dibuat harus benar-benar faktanya, tidak boleh sembarangan. Seorang wartawan juga harus disiplin.

  • Bagikan