4 Menu Sarapan yang Cocok Bagi Kamu yang Lagi Diet

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID- Halo sobat KeKeR, kebiasaan melewatkan sarapan dapat berdampak negatif pada nafsu makan seharian sehingga berat badan tidak mudah turun loh. lalu, sarapan apa yang cocok untuk kamu yang lagi diet? 

Dilansir dari Kompas.com, ternyata sarapan yang cocok untuk diet adalah makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi karena dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga perlu dihindari saat sarapan karena dapat membuat Kamu cepat lapar dan berdampak negatif pada energi tubuh. 

Untuk lebih jelasnya, ayo kita simak beberapa sarapan yang cocok untuk diet berikut ini.

1. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, serat, vitamin C, dan folat. 

Makan buah dan sayur setidaknya setengah piring dari sarapan yang dikonsumsi, atau setidaknya dua hingga tiga porsi buah setiap hari, sehingga dapat menurunkan berat badan secara efektif.

2. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak memiliki kandungan kalsium, kalium, protein, dan vitamin D, yang dapat membentuk dan menyehatkan tulang. 

Selain susu rendah lemak, Kamu juga bisa minum susu nabati saat sarapan karena juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

3. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat menurunkan nafsu makan ketika dikonsumsi saat sarapan sehingga baik untuk Kamu yang sedang diet. 

Selain protein, telur juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti selenium dan riboflavin, yang baik untuk kesehatan.

4. Gandum Utuh

Gandum utuh, seperti oatmeal, memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit, tetapi kaya akan serat dan protein.

Kandungan serat dan protein yang tinggi pada gandum utuh dapat menurunkan nafsu makan dan menghindarkan Kamu dari godaan makan secara berlebihan sehingga berat badan turun. 

Memahami sarapan apa yang cocok untuk diet sangatlah penting untuk membantu Kamu menurunkan berat badan yaaah… sobat KeKeR. 

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan