4 Manfaat Air Jahe Diminum di Pagi Hari, Bisa Menurunkan Berat Badan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hayy Sobat KeKeR, menyeduh jahe untuk diminum di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan lohh.

Dilansir dari Kompas.com, jahe mengandung lebih dari 100 senyawa aktif (seperti gingerol, shogaol, dan paradol) yang berperan dalam memberikan manfaat kesehatan. Meski banyak manfaat, pun ada batasan untuk minum jahe yahh.

Dokter dan ahli gizi menyarankan untuk membatasi asupan harian maksimal 3-4 gram. Jahe sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah 2 tahun. Ada beberapa manfaat minum air jahe di pagi hari yakni sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu ahli gizi mengatakan bahwa air jahe merupakan ramuan ampuh yang sangat dikenal mampu mengelola kesehatan pencernaan, membantu meringankan gangguan pencernaan, kembung, dan mual.

Apalagi meminum jus jahe membantu membasmi atau menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Peradangan Dalam Tubuh

Sifat anti-inflamasi jahe berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis.

Selain itu, sifat jahe ini membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya yang dapat memicu peradangan.

3. Mencegah atau Meredakan Mual

Para ahli mengatakan bahwa sifat anti-mual alami jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang rentan terhadap mabuk perjalanan, migrain, atau mual di pagi hari selama kehamilan.

Ini juga dapat membantu menyembuhkan masalah perut secara umum.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat paling penting dari minum air jahe adalah meningkatkan metabolisme, mendukung tujuan pengelolaan berat badan.

Ketika metabolisme Kamuberfungsi dengan baik, tubuh Kamu mampu membakar kalori bahkan saat Kamu melakukan tugas normal sepanjang hari, sehingga tubuh membakar lemak lebih cepat.

Dengan demikian, sangat baik segelas air jahe diminum di pagi hari untuk memperkuat sistem pencernaan Kamu, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kamu bisa membuat air jahe dengan resep sebagai berikut:

  1. Kupas dan iris satu jahe ukuran sedang
  2. Masukkan irisan jahe ke dalam wadah berisi empat gelas air
  3. Rebus campuran tersebut selama 10 menit
  4. Knda juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon.
  5. Air jahe siap Anda minum.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan