Ini 5 Pilihan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit, Jangan Bingung Lagi

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Secara umum, perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan. Namun, juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Perut buncit terjadi akibat adanya penimbunan lemak di area perut. Olahraga menjadi salah satu upaya untuk mengatasi perut buncit. Apa saja olahraga dan bagaimana caranya mengecilkan perut buncit? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Dilansir dari alodokter.com, berikut adalah beberapa contoh gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan:

Sit Up

Sit Up merupakan gerakan yang dapat membakar banyak kalori. Tidak hanya melatih otot perut, gerakan sit up juga dapat melatih otot leher, dada, panggul, dan punggung bawah. Lakukan gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini dalam 2 set yang terdiri dari 15–20 kali sit up. Istirahatlah selama 90 detik sebelum memulai set berikutnya.

Plank

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang populer dan mudah dilakukan. Gerakan ini dimulai dengan posisi telungkup dan menumpukan badan pada lengan bawah dan jari-jari kaki. Lalu, angkat badan dan pinggul hingga posisinya sejajar dari kepala hingga ujung kaki. Tahan posisi tersebut selama 10–30 detik dan ulangi sebanyak 3–5 kali. Selama melakukan gerakan ini, fokuslah menjaga posisi tersebut dengan mengencangkan otot perut.

Side plank

Latihan otot perut ini pada dasarnya sama dengan plank, yaitu menahan badan dan pinggul. Hanya saja, gerakan side plank dilakukan dengan posisi tubuh menyamping ke sisi kiri atau kanan, lengan sejajar dengan bahu, dan kaki diluruskan. Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan lakukan 8–12 kali pengulangan. Lakukan juga gerakan ini pada sisi tubuh lainnya.

Crunch

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini hampir menyerupai sit up. Kamu hanya perlu mengangkat bagian kepala dan bahu, tanpa harus mengangkat seluruh tubuh bagian. Crunch juga diawali dari posisi berbaring dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menapak ke lantai. Lalu, letakkan tangan menyilang di dada, angkat kepala dan bahu sambil menghembuskan napas, dan kembali ke posisi berbaring sambil menarik napas. Ulangi gerakan ini setidaknya 8–12 kali.

Montain Climber

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini merupakan variasi dari gerakan plank. Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan posisi plank, kemudian angkat lutut kanan ke arah dada dengan memastikan posisi punggung tetap lurus. Lalu, kembalikan kaki kanan ke posisi semula. Jangan lupa untuk melakukan gerakan serupa pada lutut kiri. Ulangi gerakan ini secara bergantian dan cepat sebanyak 8–12 kali.

Nah itulah tadi beberapa contoh gerakan olahraga yang bisa mengecilkan perut buncit, jangan lupa dilakukan yah gaiisss.^^

~Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan